Home » » BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN TENTANG DASAR PENDIDIKAN

BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN TENTANG DASAR PENDIDIKAN

Buku Dasar Dasar Pendidikan





Pengantar Pendidikan – Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar

Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia
Pengarang : Redja Mudyahardjo
Penerbit : Rajawali Pers
DAFTAR ISI
RAGIAN I KONSEP-KONSEP DASAR PENDIDIKAN PADA UMUMNYA
BAB 1: APAKAH PENDIDIKAN: PENGERTIAN MAHA LUAS, SEMPIT, DAN LUAS

TERBATAS 3
A. Defmisi Maha Luas 3
B. Defmisi Sempit 6
C. Definisi Altematif atau Luas Terbatas 11
BAB 2: MANUSIA DAN PENDIDIKAN: PANDANGAN ILMIAH DAN FILOSOFIS

TENTANG MANUSIA DAN IMPLIKASI PENDIDIKANNYA 17
A. Pandangan Ilmiah Tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya 17
B. Pandangan Filosofis Tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya

26
BAB 3: PANDANGAN PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA SEBAGAI ANIMAL

EDUCANDUM 33
A. Keharusan Pendidikan: Mengapa Manusia Harus Dididik/Mendidik 33
B. Kemungkinan Pendidikan: Mengapa Manusia Dapat Dididik/Mendidik

34
C. Batas-Batas Kemungkinan Pendidikan 35
D. Kekeliruan-kekeliruan Pendidikan 37
BAB 4: PENDIDIKAN SEBAGAI SISTER MEMAHAMI PENDIDIKAN SEBAGAI

KESELURUHAN 40
A. Orientasi Umum: Teori Sistem Pada Umumnya 40
B. Analisis dan Pemetaan Pendidikan Nasional Sebagai Sebuah Sistem

50
C. Analisis dan Pemetaan Sekolah Sebagai Sebuah Sistem 79
BAB 5: TEORI-TEORI PENDIDIKAN: MEMAHAMI BERBAGAI WAWASAN

PENDIDIKAN YANG PENTING 91
A. Sosok Teori dan Teori Pendidikan 91
B. Sosok Teori Umum Pendidikan 102
C. Sosok Teori Khusus Pendidikan 105
BAB 6: ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN: GERAKAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

DEVELOPMENTALISME 113
A. Orientasi Umum 113
B. Pestalozzi dan Pestalozzianisme 114
C. Herbart dan Herbartianisme 122
D. Froebel dan Froebelianisme 130
BAB 7: ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN: GERAKAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN REKONSTRUKSIONALISME
A. Progresivisme 142
B. Rekonstruksionalisme Sosial 151
BAB 8: ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN: GERAKAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN

ESENSIALISME DAN PERENNIALISME 160
A. Esensialisme 160
B. Perennialisme 164
BAB 9: PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP 169
A. Orientasi Umum: Karakteristik dan Faktor-Faktor yang Mendorong

Perlunya Pendidikan Seumur Hidup 169
B. Kerangka Kerja Teoritis PSH 173
C. Kerangka Kerja Operasional PSH 175
D. Implikasi Konsep PSH Bagi Pendidikan Sekolah 176
DAFTAR PUSTAKA 179
BAGIAN II KONSEP-KONSEP DASAR PENDIDIKAN INDONESIA
BAB 10 : KARAKTERISTIK SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA:

NASIONALISME SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKANNasionalisme dan

Pendidikan Nasional 191
A. Karakteristik Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (SPNI) 197
B. Karakteristik Pendidikan 201
BAB 11: LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA

MERDEKA: PENDIDIKAN TRADISIONAL 214
A. Orientasi Umum 214
B. Pendidikan Hindu—Budha 215
C. Pendidikan Islam Tradisional 221
D. Pendidikan Katolik dan Protestan 242
BAB 12: LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA:

PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DAN JEPANG 250
A. Pendidikan Kolonial Belanda Abad 19 dan 20 250
B. Pendidikan Kolonial Jepang 266
BAB 13: PERINTIS-PERINTIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA: KI

HAJAR DEWANTARA DAN MUHAMMAD SYAFEI
A. Orientasi Umum 273
B. Perguruan Nasional Taman Siswa 287
C. Pendidikan INS Kayutanam 314
BAB 14: LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA: LANDASAN

IDIIL DAN KONSTITUSIONAL 351
A. Orientasi Umum- 351
B. UUD 1945 Sebagai Landasan Yuridis SPNI 353
C. Ketetapan MPR Sebagai Landasan Yuridis SPNI 355
D. Undang-Undang Sebagai Landasan Yuridis SPNI 356
E. Peraturan Pemerintah Sebagai Landasan Yuridis SPNI 363
F. Keputusan Presiders Sebagai Landasan Yuridis Pelaksanaan SPNI

364
G. Keputusan Menteri Sebagai Landasan Yuridis Pelaksanaan SPNI 367
H. Instruksi Menteri Sebagai Landasan Yuridis Pelaksanaan SPNI
BAB 15: PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA MERDEKA: ZAMAN

AWAL KEMERDEKAAN, DEMOKRASI LIBERAL, DAN TERPIMPIN
A. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1945-1950

(Dari Proklamasi Sampai RIS) 369
B. Perkembangan Pendidikan Indonesia Tahun 1950-1959 (Demokrasi

Liberal) 385
C. Perkembangan Pendidikan. Indonesia Merdeka Tahun 1959– 1965

(Demokrasi Terpimpin) 400
BAB 16: PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA MERDEKA: ZAMAN

PERKEMBANGAN ORDE BARU 421
A. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1966– 69

(ZamanAwal Orde Baru atau Transisi) 421
B. Perkembangan* Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1969/70 –

1993/94 (Pembangunan Jangka Panjang 1) 432
C. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1995/96-

1998/99 (Awal Pembangunan Jangka Panjang 11) 472
BAB 17: PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN: HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA

PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DENGAN PEMBANGUNAN NASIONAL 491
A. Pembangunan Nasional 491
B. Pendidikan Nasional 495
C. Peranan Manusia Dalam Pembangunan 508
BAB 18: PENDIDIKAN MASA DEPAN MENGHADAPI ABAD 21 511
A. Tantangan-Tantangan Dalam Abad 21 511
B. Visi Dalam Menghadapi Abad 21 514
C. Prinsip-Prinsip Pendidikan 518
D. Arah Perkembangan Pendidikan 520
E. Implikasi Bagi Pendidikan Indonesia 529
DAFTAR PUSTAKA 531

Judul Buku    :    Pengantar Pendidikan - Sebuah Studi Awal
                           Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di  Indonesia

Pengarang         :    Redja Mudyahardjo   
Penerbit            :    Rajawali Pers   
Cetakan            :    Cetakan Ke-8   
Tahun Terbit    :    2013   
Bahasa                    :    Indonesia   
Jumlah Halaman    :    538   
Kertas Isi               :    HVS   
Cover                     :    Soft   
Ukuran                  :    14 x 21   
Berat                     :    500   
Kondisi                 :    Baru   
Bayar                    :    Rp  85,000   
Stock                    :    1   
Pemesanan           :    0856 42 444 991


Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2015 Jual Buku Pendidikan, Komputer, Agama, Kisi-Kisi dan Umum