Judul Buku | : | PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR | |
Pengarang | : | Rita Mariyana, M.Pd | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-3 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 164 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 42,500 | |
Pemesanan | : | 0856 42 444 991 |
Pengarang: Rita Mariyana, M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR ISI
BAGIAN KESATU MEMAHAMI KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN EBLAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
BAB 1 PENDAHULUAN
Tujuan pendidikan taman kanak-kanak
Kekhasan pemelajaran di TK
Pentingnya penyediaan lingkungan kondusif bagi anak
Kerangka penulisan buku
BAB 2 KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Definisi pengelolaan lingkungan belajar di TK
Tujuan pengelolaan lingkungan belajar di TK
Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar di TK
BAB 3 LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Lingkungan belajar indoor
Lingkungan belajar outdoor
BAGIAN KEDUA STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
BAB 4 STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR IN-DOOR DI TAMAN KANAK-KANAK
Prinsip umum penataan ruangan
Jenis ruangan
Ruang Tidur/Ruang Istirahat
Ruang Makan
Ruang Isolasi
Ruang Khusus Tempat Penyimpanan Barang (Gudang)
Penataan Ruangan dan Perlengkapan Belajar
Ukuran Anak sebagai Standar
Pentingnya Ruangan yang Rapi
Mempertimbangkan Lalu-Lintas Orang ketika Merencanakan suatu Ruangan Kelas
Memisahkan Ruangan yang Ribut dengan Ruang yang Sepi
Kelas dan Area Luar Harus Bersih, Rapi, dan Menyenangkan
Penempatan Barang yang Membantu Pengawasan Guru
Cara Penyimpanan Bahan dan Perlengkapan Belajar
Memahami Tujuan dan Manfaat Media yang Dipergunakan
Pemilihan dan Penggunaan Perlengkapan Belajar
Loker Anak
Memilih Perlengkapan Mebel atau Furniture
Memilih Media/Mainan anak
Setting Area
Area Bahasa
Area Matematika
Area Balok
Area Bermain Drama
Area Seni dan Keterampilan Tangan
Area Musik
Area Pasir dan Air
Area Sains
Area Komputer
Area Hewan dan Tumbuhan
Area Pengembangan Agama
Suasana Psikologis yang Kondusif dalam Ruang Pembelajaran
Kontrol Lingkungan
Keamanan
Kenyamanan
Daya Tarik
Menumbuhkan Tanggung jawab dan Rasa Pemeliharaan
Pengaturan Akustik
Penerangan
Suhu Udara dan Ventilasi
Denah Setting Area dalam Kelas (indoor)
BAB 5: STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUT-DOOR TAMAN KANAK-KANAK
Pentingnya Aktivitas Outdoor dalam Optimalisasi Perkembangan Anak
Perkembangan Fisik
Perkembangan Keterampilan Sosial dan Pengetahuan Budaya
Perkembangan Emosional
Perkembangan Intelektual
Prinsip Umum Penataan Arena Bermain Outdoor
Memenuhi Aturan Keamanan
Melindungi dan Meningkatkan Karakteristik Alamiah Anak
Desain Lingkungan Luar Kelas Harus Didasarkan pada Kebutuhan Anak
Secara Estetis Harus Menyenangkan
Spesifikasi Lingkungan Belajar di Luar Kelas
Lokasi
Ukuran
Pagar
Tanah Lapang
Permukaan
Atap atau Naungan
Desain dan Setting Area Lingkungan Belajar di Luar Kelas
Jenis Permainan dan Perlengkapan Aktivitas di Luar Kelas
Area Bermain Bebas
Area Memanjat
Area Transportasi
Area yang Tenting
Area Pertukangan
Area Kebun
Suasana Psikologis yang kondusif dalam Pembelajaran di Luar Kelas
Memastikan Keamanan Anak-anak
Memberikan kesempatan dan Kepercayaan pada Anak
Pengawasan
Kenyamanan
BAGIAN KETIGA PENUTUP
BAB 6: UNSUR-UNSUR YANG BERPERAN PENTING DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK
Profesionalisme Guru dalam Mengelola Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Membangun dan Mengatur Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Menata dan Mengkreasikan Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Memelihara Keselamatan Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Memelihara Kesehatan Lingkungan Belajar
Kompetensi dalam Menjalin Hubungan Komunikasi
Dukungan Fasilitas dan Kebijakan Sekolah
Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat
DAFTAR PUSTAKA